Jadi ni postingan dibikin di dalem kostan. Dimana tipi dibiarin nyala tapi fokus tetep ke laptop. Yah namanya anak kostan biar ada rasa rame-rame gitu supaya ga kesepian
Oke, jadi pengen curhat dikit masalah masuk PTN. Iya, anak SMA kelas 3 lagi galau-galaunya kan mau kuliah atau kerja, kuliah atau nikah, nikah sama siapa, kuliah dimana, bakal dapet negeri atau swasta. Ya sama. Aku juga ngerasain itu. Galau nentuin univ berlangsung berbulan-bulan tuh. Sampe pilihan aku jatoh di 'UNJ'. Yoi deket dari Bekasi, kan. Ena.
Tapi apa daya Bekasi yang masuknya Jawa Barat pilihan pertama kudu regional dulu kan. Yah, aku yakin kalian udah pada tau. Kalian udah pada pinter, iya. Percuma dong dijelasin juga XD
Yaudah deh pilihan univ pertama tercantumlah universitas yang 'katanya' di Bandung dan terlaris se-Indonesia periode 2015. Kira-kira gini lah isian SNMPTN:
Pilihan 1: Universitas Padjadjaran
Jurusan 1: Sastra Indonesia
Jurusan 2: Jurnalisme (kalo ga salah. rada lupa)
Pilihan 2: Universitas Negeri Jakarta
Jurusan 1: Sastra Indonesia
Dan ga lupa ngasih keyakinan ke ortu "Cuma buat formalitas. Ga bakal dapet di pilihan pertama".
Yaudah abis ujian ini itu, UTS, TO, UN segala macem. Datenglah masa gabut SMA. Masa-masa nunggu pengumuman SNMPTN sama UN. Uniknya dari sini ne.
Buat murid yang ngantuk-ngantukan di kelas, kaya bentukan aku gini bisa dibilang ga ada harapan lah bakal SNMPTN. SBMPTN? Yah apalagi ngerjain soal-soal gitu, udah hopeless lah. UM? Boro-boro. Satu-satunya pikiran aku saat itu "HARUS BURU-BURU CARI PTS NIH"
Dengan waktu libur yang begitu panjang, dengan berbagai teknologi, dengan berbagai dukungan orang-orang terdekat, aku kerja keras nyari-nyari PTS sekitaran Bekasi.
Di rumah udah gatau ada berapa banyak selebaran PTS. Ya bayangin aja, tiap sodara dateng ke rumah bawain brosur tempat kuliah. Tiap malem muterin Bekasi ama Bapake nyari tempat kuliah swasta.
Kebayang kaga tuh? Gimana ngedukungnya keluarga suruh masuk swasta XD
Pedahal temen-temen aku didoain siang malem biar tembus SNMPTN.
Aku? YHAHAHAHA masih galau milih brosur PTS yang mana........
Sampe suatu hari aku ditawarin satu univ swasta daerah BKT. Yaudah sebut aja 'Unsada'.
Ditimbang-timbang ini PTS yang paling sreg dibanding laennya. Inceran aku nih Sastra Jepang disitu keren juga. Oke bulet lah Unsada dengan prodi Sastra Jepang.
Saking ngebetnya, aku diajak eksplor Unsada sama Bapake. Berbekal Google Map, nyasar-nyasar dikit. Tapi karna semangat kita berdua, menempuh waktu 2 jam sampailah kita di depan gedung warna putih. Iya, gedung Unsada.
Kita ga masuk ke dalem. Di depan Unsada aja. Beneran di depan doang. Lewatin gerbangnya juga kaga. Cuman diem liatin gedung kaya orang lagi istirahat abis jalan jauh kebetulan berenti depan Unsada. Sampe greget dateng, aku akhirnya nanya,
"Pa, ga mau masuk ke dalem?"
"Engga"
"Ga mau nanya? Apa sekalian daftar gitu?"
"Mau daftar emang?"
"Lah serah yang mau bayarin kuliah lah"
"Yaudah gausah"
Lah heran kan. Terus tujuan dateng ke Unsada ngapain dah? Yaudah aku diem aja. Bapake juga diem. Kita jadi diem-dieman di pinggir jalan, depan Unsada. Biar kaya sibuk nyari kuliahan, aku check in Path dulu deh with Bapake tuh.
Terus sekitar jam 4 sore, anak-anak Unsada mulai keluar tuh. Mau pada pulang. Terdengarlah suara Bapake
"Yu, Yu (aku dipanggil 'Ayu' sama keluarga)"
"Kenapa? Kenapa?" Panik tau-tau Bapake manggil
"Liat tuh anak Unsada udah pada pulang"
LHA TERUS AKU HARUS APA KALO MEREKA PULANG?
Terus sekitar udah 15 menit diem disitu, udah diliatin satpam Unsada, Bapake ngajak pulang. Bingung kan sebenernya ngapain dateng jauh-jauh, tapi alesan Bapake sih 'survey tempat' katanya XD yaudah lah terserah Bapake.
Yaudah ceritanya udah tanggal 9 Mei nih. Inget banget, waktu itu hari Sabtu. Katanya kan pengumuman sore tuh jam 5. Yaudah jam 5 pas banget ada Naruto di Gl*balTV. Temen-temen mulai kalang kabut buka link. Nanya lewat BBM, LINE, path, semuanya nanyain "udah buka belom? dapet ga?" Lah mana tau. Aing masih fokus nonton Naruto lawan Akatsuki. Usut punya usut e..... WEBNYA DOWN. WHWHWHWHWH
Yaudah aku nunggu sampe deket Maghrib baru buka. Temen-temen udah mulai pada buka. Ada yang dapet, ada yang engga. Yaiyalah. Yah aku mah mau ngarep apaan. Udah kepikiran ga bakal tembus.
Terus masukinlah nomer pendaftaran sama passwordnya. Yaudah. Yaudah apa. Yaudah aku log in lah. JENG JENG
Ada warna ijo
Kotak
Ada bacaan "SELAMAT"
Terus panik langsung screen capture
Buka semua sosmed, ngabarin ke yang nanya kalo aku lolos SNMPTN.
Heboh tuh. Girang. Kakak aku sampe kena pukul-pukul sama aku. Maaf ya, Mba.
Ditanya deh ama temen di LINE
Temen: Jay dapet kaga SNMPTN?
Jay: Alhamdulilllah... dapet!!! kamu?
Temen: Alhamdulillah gua juga dapet. Lo dapet dimana?
demdem..... demdem... demdem...
AKU LUPA LIAT AKU KETERIMA DIMANA. GOBLO.
Saking panik langsung screen capture takut nanti berubah jadi ga keterima, sampe lupa liat keterima dimana.
Jadi buka lagi deh tu web. log in lagi. panik lagi. takut nanti berubah. serius ini.
E... Alhamdulillah ga berubah
Keterima di Univ pertama, pilihan pertama. pokoknya pertama lah.
Yaudah deh berhubung Mamake sama Bapake lagi di kampung, aku sms Mamake.
"Maaaaaaaa Ayu keterima di Unpad"
1 menit
3 menit
5 menit
Mamake nelpon
"Halo"
"Ya, Ma"
"Ayu dapet di Unpad?"
"Iya"
"Terus UNJ nya gimana, Neng?"
"Lah ya ga dapet, Mah"
"Udah ga bisa?"
"Ga bisa lah"
"Yaudah"
--telpon diputus--
langsung buka sosmed lagi sibuk kabar-kabaran sama temen-temen.
5 menit kemudian
Bapake nelpon
"Halo"
"Halo, Ayu?"
"Lha iya (siapa lagi emang?)"
"Mau diambil Unpad nya?"
"Iya lah diambil. Sayang, Pah, negeri. Ayu males tes lagi"
"Diambil jadinya?"
"Iya"
"Mamanya ribut noh hahahaha"
"Ribut kenapa?"
"Ga tega jauh katanya"
"Udah gapapa"
"Iya iya yaudah dah"
--telpon diputus lagi--
Aku bingung.... Itu Mamake entah lagi ngegerutu ga tega, entah lagi nangis, tapi Bapake ketawa-tawa aja.
Terus udah hari Senin nih sekarang.
Suruh dateng ke sekolah buat ngurus anu itu
Di sekolah ricuh tuh pada ngeributin SNMPTN.
Tiap ditanya "Jay, dapet SNMPTN?"
Aku jawab dengan senyum sumringah "Alhamdulillah dapet"
"Wiiihhh.. dimana?"
"Unpad"
"wiiihhhh"
Ditanya sama temen mah bangga. iya. belagu. iya. ampe dirumah........
Lesu
Bingung
Galau
Digantungin antara boleh lanjut Unpad apa engga.
Orang mah galau pada kaga dapet. Lah aku udah dapet masih galau. Mamake emang da best.
Setiap hari di sidang di meja makan, ditanya
"Ayu mau ambil Unpad? Ga mau yang deket aja? Di Unsada aja. Nanti dibeliin mobil deh"
JENGJENG
PERNAH LIAT YANG BEGINI?
ORANG SURUH MASUK SWASTA SAMPE DISOGOK MOBIL?
Ada juga kalo anak orang laen mah dapet negeri, baru dibeliin mobil. Lah aku sebaliknya. Gimana ya. Sedih lah kalo diceritain mah.
Setelah digantung sekitar 3 hari, barulah dapet restu dari Mamake buat menuntut ilmu sampai tanah Jatinangor. Mungkin Mamake juga dapet dibujuk sama Bapake. Entahlah.
Lalu diberi restulah aku sampe sini. Diitung itung udah sekitar 4 bulan idup sendiri disini. Kadang timbul rasa-rasa kangen rumah kangen Mamake Bapake gitu. Yha apa boleh buat. Edan
Yaudah gitu aja sih. See you next post!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar